Jumat, 09 November 2012

SOAL TATA HIDANGAN

PGRI
 
YPLP PGRI DIKDASMEN KABUPATEN BADUNG
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PGRI 1 BADUNG
  Alamat : Latu Gerih , Abiansemal , Kab. Badung
Telepon : (0361) 744 0085, 7805041 Faximail : (0361) 422164
Kode Pos : 80 352 Abiansemal
 


SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KELAS                        : XI TB 1
PENGAJAR                 : I WAYAN REDINATA
HARI TANGGAL        :
WAKTU                      :
                                   
 

                       
I. Berikan tanda silang (x) huruf a,b,c,d atau e pada jawaban yang paling benar !

1.      Pelaksanaan penyediaan dan pengolahan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman berada di bawah tanggung jawab dari?
A.    Food and Beverage Division
B.     Food and Beverage manager
C.     Food and Beverage product
D.    Food and Beverage service
E.     Waiter

2.      Cara menata/menyusun, menghias dan menyajikan makanan dengan menggunakan alat yang tepat serta memberikan layanan ketika pelanggan menikmati makanan di meja makan merupakan pengertian dari? 
A. Perencanaan pelayanan makanan
D. Pengolahan makanan
B. Penataan dan pelayanan makanan
E. Penyajian makanan
C. Pelayanan makanan

3.      Tujuan dari penataan dan pelayanan makanan adalah?
A.    Membangkitkan selera makan
B.     Memberikan kepuasan
C.     Memberikan kenyamanan
D.    Mencerminkan tata cara makan yang kurang baik
E.     Mempererat hubungan kekeluargaan
4.      Prinsip-prinsip Dasar Penataan dan Pelayanan Makanan adalah?
A. Kebersihan
C. Ketepatan
E. Kemegahan
B. Keserasian
D. Keindahan

5.      Adapun hal-hal yang mendukung keberhasilan pelaksanaan penataan dan pelayanan makanan yang baik, meliputi:
A.    Pramusaji yang professional
B.     Tempat dan peralatan yang tepat
C.     Menu yang disediakan
D.    Kerjasama yang baik dengan bagian terkait
6.      Departemen makanan dan minuman terbagi atas dua bagian besar yaitu?
A.    Food production dan food service.
B.     Food and beverages service.
C.     Food service dan food and beverages service.
D.    Food production dan food and beverages production.
E.     Food production dan food and beverages service.
7.      Bagian yang memiliki tugas pokok menyiapkan, membuat dan menyajikan minuman dengan atau tanpa makanan kepada tamu adalah?
A. Restaurant
C. Bar
E. Waiter
B. Kitchen
D. Banquet

8.      Bagian yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pesta perjamuan didalam atau diluar hotel adalah?
A. Restaurant
C. Bar
E. Steward
B. Kitchen
D. Banquet

9.      Penataan berasal dari kata tata yang berarti ….
A. Mengelola
C. Mengolah
E. Membereskan
B. Mengatur
D. Membersihkan

10.  Bagian yang mempunyai tugas pokok yaitu menyiapkan, membersihkan dan menyimpan peralatan baik bagi keperluan services maupun production adalah?
A. Restaurant
C. Bar
E. Steward
B. Kitchen
D. Banquet

11.  Orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan/restaurant disebut ….
A. Penyaji
C. Penyanyi
E. Pelayan
B. Pramusaji
D. Pembantu

12.  Meja yang dipakai di restoran secara umum ada beberapa macam yaitu?
A.  Meja bundar, oval, kotak dan persegi panjang
B.  Meja bundar, jajaran genjang, kotak dan persegi panjang
C.  Meja bundar, lonjong, kotak dan persegi panjang
D.  Meja bundar, segi tiga, kotak dan persegi panjang
E.   Meja bundar, kotak dan persegi panjang
13.  Sebagai tempat penyimpanan alat-alat yang diperlukan pada waktu service dan ntuk mempermudah pekerjaan waiter adalah fungsi dari?
A. Gudang
C. Side board
E. Bar counter
B. Store room
D. Bar display

14.  Multon yaitu kain tebal lunak yang bersifat menyerap cairan yang berfungsi sebagai berikut kecuali?
A.    Untuk menyerap cairan yang tumpah diatas permukaan meja makan
B.     Untuk melindungi permukaan meja makan dari benda-benda panas
C.     Untuk meredam bunyi pada saat benda-benda berat diletakkan diatasnya
D.    Untuk menambah kerapian permukaan meja makan.
E.     Untuk menahan taplak meja supaya mudah meleset
15.  Ukuran standar napkin adalah?
A. 20 x 20 cm
C. 40 x 40 cm
E. 60 x 60 cm
B. 40 x 40 m
D. 40 x 20 cm

16.  Dinner plate, yaitu piring ceper besar yang dipergunakan untuk menyajikan hidangan utama yang berdiameter?
A. 26 cm
C. 28 cm
E. 21 cm
B. 27 cm
D. 29 cm

17.  Soup plate, adalah piring cekung yang biasa dipergunakan untuk makan dirumah sehari-hari Indonesia ataupun keperluan prasmanan dan untuk menyajikan sup diameternya adalah?
A. 21 cm
C. 23 cm
E. 25 cm
B. 22 cm
D. 24 cm

18.  Diameter dessert plate adalah?
A. 15 cm
C. 17 cm
E. 19 cm
B. 16 cm
D. 18 cm

19.  B & B plate (Butter and Bread), yaitu dipergunakan untuk menyajikan roti dan mentega berdiameter sekitar?
A. 15 cm
C. 17 cm
E. 19 cm
B. 16 cm
D. 18 cm

20.  Flatware/cutlery adalah alat makan ataupun alat hidang yang terdiri atas bermacam-macam sendok (spoon), garpu (fork) dan pisau (knife) terbuat dari bahan-bahan berikut kecuali?
A. Perak
C. Stainless steel
E. Melamin
B. Keramik
D. Kuningan

21.  Baki kecil khusus untuk meletakkan dan membawa nota pembayaran pada pelayanan adalah?
A. Biil Tray
C. Round Tray
E. Cash Bill
B. Square Tray
D. Oval Tray

22.  Alat pemanas makanan dengan bahan bakar lilin atau spiritus, dapat berbentuk bulat, persegi empat dalam berbagai ukuran disebut dengan?
A. Oven
C. Grill
E. Stove
B. Microwave
D. Chaving dish

23.  Kereta dorong yang dipakai untuk mempersiapkan makanan di restoran adalah?
A. Gueridon
C. Tray
E. Table Stove
B. Trolly
D. Chaving dish

24.  Adapun peralatan yang digolongkan ke dalam table accessories adalah kecuali?
A. Table number
C. Tray
E. Salt and pepper shaker
B. Flower vase
D. Ashtray

  1. Untuk membuat alat makan menjadi mengkilap dan bebas dari sisa-sisa lemak yang masih menempel pada waktu dicuci adalah tujuan dari?
A. Washing
C. Sanitizing
E. Cleaning
B. Polishing
D. Rinsing

  1. Ada beberapa kegunaan menu yang disajikan di hotel yaitu kecuali?
A.    Dasar menetapkan bahan makan yang akan dibeli.
B.     Mengatur gizi yang terkandung di dalam hidangan yang disajikan.
C.     Mempengaruhi peralatan, fasilitas penataan dan dekorasi ruangan yang dibutuhkan.
D.    Sebagai pedoman prosedur cost control.
E.     Menu mengatur kebutuhan untuk pelayan.
27.  Cirinya jenis makan sudah ditetapkan, menyajikan beberapa bagian menu, pilihan untuk setiap makanan terbatas, satu harga ditetapkan untuk satu kumpulan makanan, disajikan dalam kumpulan waktu tertentu merupakan pengertian dari?
A. A’la Carte Menu
C. Breakfast Menu
E. Room Service Menu
B. Table D’hote Menu
D. Supper Menu

28.  Continental Breakfast atau European Breakfast adalah menu makan pagi yang paling sederhana. Menu ini hanya terdiri dari?
A. Bread and Butter
D. Fruit slices or fruit juices
B. Preserves: jam, marmalade, honey
E. Beverages: coffee or tea.
C. Cereals: steamed rice, nasi goreng

29.  Waktu makan selingan yang diadakan dalam kurun waktu antara makan siang (lunch) dan makan malam (dinner) adalah?
A. Lunch time
C. Breakfast time
E. Dinner time
B. Tea time
D. Supper time

30.  Makanan ditata rapi diatas pinggan besar dan dipajangkan diatas meja panjang dan tamu dapat memilih dan mengambil makanan sesuai dengan selera mereka dan sebanyak yang mereka inginkan merupakan pengertian dari?
A. American Service
C. English Service
E. French Service
B. Russian Service
D. Buffet Service

  1. Ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diketahui bila merencanakan untuk membuat menu seperti berikut ini kecuali?
A. Jenis badan usaha
C. Keadaan keuangan
E. Musim dalam setahun
B. Jenis hidangan
D. Jenis dan kebangsaan tamu

32.   “As a list of the dishes which are available to a customer” merupakan pengertian dari?
A. Menu
C. Service
E. Bill
B. Food
D. Supper

33.  Dibawah ini yang bukan merupakan contoh Indonesian Breakfast adalah?
A.  Fresh fruit and fruit juices: sliced banana, papaya, pineapple, manggo, rambutan, tomato juice, orange juice, peneapple juice, markisa juice dsb.
B.  Cereals: steamed rice, nasi goreng, bubur ayam dsb.
C.  Preserves: jam, marmalade, honey
D.  Meat and poultry: sate, ayam goreng dsb.
E.   Beverage: coffee dan tea.
34.  Rangkaian kegiatan untuk mengatur dan melengkapi meja dengan peralatan makan sesuai dengan jenis hidangan yang akan disajikan adalah pengertian dari?
A. Table Setting
C. Table Cover
E. Table D’hote
B. Table Set-up
D. Table Cloth

  1. Upaya maksimal yang diberikan oleh petugas pelayanan dari sebuah perusahaan industri untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga tercapai kepuasan adalah pengertian dari?
A. Pengelolaan
C. Pengolahan
E. Pemberian
B. Pelayanan
D. Pengertian

  1. Suatu sistem pelayanan dimana tamu duduk di kursi menghadap meja makan. Kemudian makanan dan minuman diantarkan dan disajikan merupakan pengertian dari?
A. Buffet Service
C. Table Service
E. Cathering Service
B. Room Service
D. Banquet Service

37.  Alat atau perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan penggantian asbak adalah?
A. Ashtray dan round tray
C. Ashtray dan 2 round tray
E. 2 ashtray dan round tray
B. 2 ashtray dan 2 round tray
D. 3 ashtray dan round tray

38.  Cara pengambilan pesanan pada sesksi room service adalah?
A. Lisan dengan telepon
D. Tertulis melalui telpon
B. Lisan dengan Door Knob
E. Tertulis di pintu
C. Tertulis dengan Door Knob



39.  Memeriksa makanan dan minuman sebelum diantarkan ke kamar tamu pada room service adalah tugas dari?
A. Room Service captain
C. RoomService order taker
E. Room Service counter
B. Room Service waiter
D. Room Service Manager

40.  Cara memberikan menu kepada tamu agar terlihat lebih sopan, kecuali?
A. Menu diberikan dalam keadaan terbuka
B.  Meletakan menu diatas meja
C.  Memberikan daftar menu dari sebelah kanan
D. Memberikan daftar menu dengan tangan kanan
E.  Memberikan menu secepatnya setelah tamu duduk

II. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas
  1. Jelaskanlah apa yang anda ketahui tentang American Service?
  2. Jelaskanlah apa yang anda ketahui tentang French Service?
  3. Jelaskanlah apa yang anda ketahui tentang English Service?
  4. Jelaskanlah apa yang anda ketahui tentang Russian Service?
  5. Apakah yang anda ketahui tentang A la carte menu?






18 komentar:

  1. Kenapa ada jawaban yang salah

    BalasHapus
  2. Jawabannya ada yang salah.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kayaknyaitu banyak yang salah deh. Aku cari ukuran standar napkin 45×45 atau 50×50. Terus Pramusaji lebih dekat dengan tamu. Terus bukannya ruang penyimpanan itu Store Room ya? Disitu kok gudang

    BalasHapus